Penting Bagi Anda Untuk Mengetahui Ciri Ciri Flek Pada Bayi

Penting Bagi Anda Untuk Mengetahui Ciri Ciri Flek Pada Bayi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bayi dibawah usia 2 tahun itu masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum bisa bekerja dengan sempurna layaknya orang dewasa terutama pada bayi dibawah usia 6 bulan sehingga tak heran jika hal ini menyebabkan bayi lebih mudah terserang penyakit jika dibandingkan dengan orang dewasa dan salah satu contohnya seperti pada tahun pertama kehidupannya bayi bisa mengalami flu batuk 8 hingga 12 kali sedangkan pada orang dewasa hanya 3 hingga 4 kali dalam satu tahun.

Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk selalu menjaga si kecil agar tidak mudah terkena suatu penyakit terutama penyakit tersebut adalah penyakit berbahaya seperti flek pada bayi atau penyakit paru-paru pada bayi. Hal ini dikarenakan penyakit ini memang bisa tergolong ringan namun bisa menjadi serius bahkan bisa membahayakan keselamatan nyawa si penderita.

Dimana penyebab flek pada bayi ini adalah adanya infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis atau yang lebih dikenal dengan istilah TBC. Bakteri ini bisa menyerang siapa saja termasuk juga bisa menyerang bayi dibawah usia 2 tahun, bahkan bakteri TBC ini jauh lebih mudah untuk menyerang bayi dibawah usia 2 tahun. Hal ini dikarenakan seperti yang telah dijelaskan diatas karena bayi dibawah usia 2 tahun itu lebih belum memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang belum bisa bekerja sempurna layaknya seperti orang dewasa.

Pada umumnya flek paru-paru atau TBC yang terjadi pada bayi itu bisa terjadi karena ditularkan oleh orang dewasa yang menderita TBC melalui percikan air ludah ketika bersin, ataupun ketika sedang batuk. Nah bayi yang tertular TBC pun memiliki resiko lebih berat jika dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan sistem kekebalannya yang belum sempurna membuat bakteri bisa menyebar melalui aliran darah lalu keseluruh tubuh dengan mudah.

Sehingga hal ini bisa menyebabkan bayi juga mengalami TB hati, TB selaput otak atau yang lebih dikenal dengan meningitis juga bayi mengalami TB tulang. Nah oleh karena itulah jika si kecil sudah terdeteksi menderita flek paru-paru atau TBC maka segeralah berkonsultasi dengan dokter agar ia segera mendapatkan penanganan yang tepat. Dan untuk mengetahui apakah si kecil terkena flek paru atau tidak maka penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja ciri atau gejala flek pada bayi.

Beberapa Ciri atau Gejala Flek yang Terjadi Pada Bayi

Berikut dibawah ini ada beberapa ciri atau gejala flek yang terjadi pada bayi dan penting untuk Anda ketahui :

  1. Bayi mengalami demam tinggi selama 3 bulan berturut-turut dan demamnya pun tak kunjung sembuh walaupun Anda sudah mengatasinya dengan memberikannya obat penurun panas.
  2. Bayi mengalami batuk yang berulang atau batuk yang terjadi tak kunjung sembuh-sembuh.
  3. Berat badan bayi tidak naik walaupun Anda sudah memberikannya gizi juga vitamin yang cukup untuk kebutuhan nutrisi tubuhnya.
  4. Bayi menderita diare kronis yang terus-menerus dan tidak bisa disembuhkan hanya dengan obat biasa.

Itulah beberapa ciri atau gejala si kecil yang mengalami flek pada paru-parunya, dimana dalam mengatasi flek paru yang terjadi pada bayi itu berbeda dengan orang dewasa. Karena biasanya penanganan awal yang dilakukan dokter yaitu memberikan obat anti TB yang mana harus dikonsumsi selama 6 bulan dan pengobatan tersebut pun akan ditambah 3 bulan hal ini bertujuan untuk mencegah TB tersebut kambuh kembali.

Nah sebagai orangtua Anda haruslah aktif bertanya mengenai kondisi si kecil dan secara rutin harus membawa si kecil untuk melakukan pengobatan dan ingat jangan sampai berhenti berobat sebelum waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Hal ini dikarenakan jika pengobatan tersebut terhenti sebelum waktunya maka bakteri penyebab flek tersebut akan muncul kembali dan kebal terhadap obat.

Oleh karena itulah lakukan dan turuti apa yang dianjurkan oleh dokter agar si kecil bisa tetap sehat dan bakteri penyebab flek tersebut tak muncul lagi. Selain itu juga yang terpenting jaga selalu kebersihan bayi dan jangan biarkan bayi dicium oleh sembarang orang karena Anda tidak tahu orang yang mencium si kecil tersebut ada dalam keadaan sehat atau tidak. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan