Penting Bagi Anda Mengetahui Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Penting Bagi Anda Mengetahui Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Banyak sekali orangtua yang menanyakan mengenai cukur rambut bayi, dan pertanyaan tersebut pasti muncul dalam benak Anda terutama ketika si kecil lahir dengan kondisi rambut yang lebat. Pasalnya wajah mungil si kecil akan tampak lebih lucu jika rambutnya hitam legam, lembut, juga lebat. Dan hal inilah yang menimbulkan rasa berat hati untuk mencukur rambut si kecil sehingga banyak sekali yang bertanya mengenai cukur rambut si kecil.

Dimana banyak orangtua yang seringkali menanyakan apa manfaat dari mencukur rambut bayi ? Penting untuk Anda ketahui bahwa rambut pertama pada bayi baru lahir itu adalah rambut yang diistilahkan dengan nama rambut velus. Dimana rambut ini adalah rambut sementara yang nantinya dalam waktu 12 minggu akan rontok dengan sendirinya. Selain itu juga rambut pertama bayi dianggap juga sebagai rambut kotor yang memang harus diganti dengan rambut baru.

Nah rambut pertama bayi jauh lebih halus jika dibandingkan dengan rambut orang dewasa, dimana akar rambut pada bayi pun sebenarnya sudah tumbuh sejak ia berada dalam kandungan dengan usia 8 bulan dan rambut tersebut berkembang hingga ia lahir, oleh karena itulah tak jarang rambut pertama bayi itu sering disebut dengan rambut kotor yang mana rambut ini nantinya akan digantikan oleh rambut dewasa yang lebat atau tipisnya tergantung dari gen yang diturunkan oleh kedua orangtuanya juga kecukupan gizi yang didapatkannya.

Disamping itu mencukur rambut si kecil sangat bermanfaat sekali untuk membuat pertumbuhan rambut barunya nanti menjadi semakin lebat dan sehat. Selain itu juga masih banyak lagi manfaat dari mencukur rambut si kecil yang penting untuk Anda ketahui. Oleh karena itulah cukurlah rambut si kecil dengan cara tepat dan tentunya hal ini mengharuskan Anda untuk mengetahui bagaimana cara mencukur rambut bayi agar si kecil mendapatkan manfaat terbaik dari mencukur rambutnya.

4 Manfaat Penting Mencukur Rambut Si Kecil

Berikut dibawah ini ada 4 manfaat penting dari mencukur rambut si kecil yang penting untuk Anda ketahui :

1. Membantu untuk Membersihkan Lemak yang Menempel

Penting untuk Anda ketahui bahwa bayi yang lahir melalui proses persalinan normal memungkinkan menempelnya sejumlah lemak juga kotoran yang berasal dari rahim ibunya pada sekujur tubuh bayi tak terkecuali juga pada bagian kepala bayi sehingga jika rambut bayi tidak dicukur maka akan menyulitkan proses pembersihan kepala dari lemak atau kotoran yang menempel dikulit kepalanya sekalipun ia sering dikeramasi.

Hal inilah yang menjadi penyebab bayi mengalami dermatitis seboroik atau kerak kepala, yang mana jika kerak kepala ini dibiarkan maka akan menghambat sirkulasi keringat dan hal ini mengakibatkan munculnya gangguan kulit juga menyebabkan rambut bayi sulit untuk tumbuh. Oleh karena itulah cukur rambut bayi akan lemak yang ada pada kulit kepalanya mudah untuk dibersihkan.

2. Memudahkan Anda untuk Memperhatikan Kondisi Kulit Kepalanya

Jika kepala bayi plontos maka Anda akan jauh lebih mudah untuk memerhatikan kondisi kulit kepalanya sehingga jika terjadi iritasi atau hemangioma yang seringkali muncul pada kulit kepala bayi maka Anda bisa segera mengatasinya dengan mudah.

3. Memudahkan Bayi untuk Beradaptasi Dengan Lingkungannya

Dimana kepala bayi yang licin akan memudahkannya untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan hal ini juga membantu untuk mengurangi rasa gerah ketika ia berada dilingkungan dengan suhu yang panas.

4. Memudahkan untuk Perawat Kulit kepala Bayi Secara Menyeluruh

Dimana tanpa adanya rambut yang menghalangi kulit kepala bayi, maka Anda bisa merawat kulit kepalanya dengan lebih baik, mudah, dan Anda bisa merawatnya secara keseluruhan tanpa adanya halangan. Selain itu juga iritasi akibat dari biang keringat atau jika ada kerak kepala pada kulit kepalanya maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mengatasinya sehingga mengatasi kondisi tersebut pun bisa menjadi lebih efektif.

Lalu Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencukur Rambut Bayi ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa mencukur rambut si kecil itu bisa dimulai sejak ia berusia 10 hari karena pada usia tersebut ia belum bisa banyak untuk melakukan gerakan sehingga Anda pun akan jauh lebih mudah untuk mencukur rambutnya tanpa khawatir kepalanya terluka. Anda juga bisa mencukur rambut bayi jika ia dalam kondisi yang sehat karena ketika kulit kepalanya sedang mengalami suatu masalah maka mencukur rambutnya bukanlah suatu solusi yang tepat. Berikut dibawah ini beberapa cara tepat untuk mencukur rambut bayi :

  • Tentunkanlah hari yang tepat untuk mencukur rambut si kecil
  • Pastikan bayi dalam keadaan kenyang dan tertidur pulas ketika akan mencukur rambutnya
  • Carilah posisi yang nyaman untuk mencukur rambut bayi
  • Pakaikan bayi baju yang longgar sehingga ia merasa lebih nyaman
  • Gunakanlah alat cukur yang baru, tajam, dan tentunya bersih
  • Mulailah untuk mencukur rambut bayi dari bagian tepi terluar secara perlahan tanpa mengganggu posisi tidur si kecil
  • Renggangkanlah kulit kepala bayi yang sulit dicukur dengan sangat hati-hati
    Berhentilah sebentar mencukur rambutnya jika ia melakukan gerakan atau menangis

Nah itulah beberapa cara tepat untuk mencukur rambut si kecil yang penting untuk Anda ketahui, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan