Panduan Penting Bagi Anda yang Ingin Melakukan Donor ASI

Panduan Penting Bagi Anda yang Ingin Melakukan Donor ASI

Sebagai seorang ibu tentunya Anda ingin memberikan semua yang terbaik untuk si kecil, salah satunya yaitu dengan memberikan asupan nutrisi seperti ASI secara eksklusif pada si kecil sejak ia lahir. Selain memberikan bayi ASI eksklusif itu adalah sebuah keinginan besar setiap ibu menyusui, memberikan ASI eksklusif juga sangat direkomendasikan oleh dokter dimana dokter merekomendasikan agar Anda memberikan ASI eksklusif pada si kecil hingga usianya menginjak 2 tahun atau setidaknya pada 6 bulan masa kehidupannya.

Hal ini dikarenakan keutamaan atau manfaat ASI yang begitu baik untuk tubuh si kecil, dimana ASI itu merupakan asupan nutrisi terbaik bagi tubuh si kecil yang mana semua nutrisi dalam ASI itu dibutuhkan tubuh bayi untuk tumbuh dan berkembang sehingga tak heran jika banyak sekali ibu yang ingin memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Namun sayangnya tidak semua ibu bisa memberikan ASI secara eksklusif pada si kecil dan tentunya itu dipengaruhi oleh beberapa hal.

Dimana tidak semua ibu memiliki kemampuan untuk menghasilkan ASI dengan banyak dan hal ini tentunya sangat berpengaruh sekali terhadap kebutuhan nutrisi tubuh bayi. Selain itu juga ada beberapa ibu yang mengaku bahwa ia tidak bisa memproduksi ASI sama sekali karena beberapa faktor misalnya seperti faktor kesehatan yang tidak mendukung tubuh untuk memproduksi ASI. Namun kini Anda tak perlu khawatir lagi jika tidak bisa memberikan ASI pada si kecil karena untuk saat ini Anda bisa melakukan donor ASI.

Donor ASI itu sendiri adalah sebuah solusi alternatif tepat untuk membantu para ibu yang mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI agar bisa terus memberikan ASI eksklusif. Yang mana donor ASI ini diberikan dari ibu yang mengalami kelebihan persediaan ASI kepada bayi yang memerlukan ASI. Nah bagi Anda yang kelebihan persediaan ASI bisa juga untuk melakukan donor ini, namun tentunya Anda harus memenuhi dulu apa saja syarat donor ASI atau panduan penting mendonorkan ASI.

Lalu Apa Syarat Atau Panduan Penting Ketika Akan Mendonorkan ASI ?

Penting untuk Anda ketahui tidak semua ibu yang kelebihan ASI bisa mendonorkan ASI nya, hal ini dikarenakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang ibu yang akan mendonorkan ASI nya. Berikut dibawah ini beberapa persyaratan mendonorkan ASI yang harus Anda ketahui :

1. Anda Harus :

  • Benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak memiliki masalah menyusui
  • Anda harus memiliki bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan
  • Anda harus sudah memenuhi asupan ASI untuk si kecil dan memutuskan untuk mendonasikan ASI dengan alasan produksi ASI yang berlimpah atau berlebih
  • Anda tidak menerima transfusi darah atau transplantasi organ tubuh dalam waktu 12 bulan terakhir
  • Anda tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, obat ilegal, juga produk yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi kedepannya
  • Anda harus bersedia untuk melakukan beberapa tes dan hasilnya sudah pasti Anda tidak mempunyai riwayat menderita penyakit menular seperti HIV, HTLV, Sifilis atau Hepatitis B
  • Anda tidak menggunakan implan silikon pada payudara

2. Anda Tidak Boleh Menjadi Pendonor Jika :

  • Hasil Tes Darah Menunjukkan bahwa Anda positif mengalami penyakit HIV, HTLV, Sifilis, atau Hepatitis B
  • Anda memiliki suami yang beresiko terjangkit penyakit HIV
  • Anda merokok atau mengkonsumsi produk-produk dari tembakau
  • Anda menggunakan obat-obatan terlarang
  • Anda mengkonsumsi 60 ml minuman yang beralkohol perharinya
  • Dalam waktu 4 bulan terakhir Anda menerima transfusi darah atau melakukan transplantasi organ

Lalu Apakah Aman Menggunakan ASI Dari Hasil Pendonoran ?

Berikut dibawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memastikan keamanan dalam melakukan donor ASI :

1. Harus Memenuhi Standarisasi

Dimana pastikan kembali jika si calon pendonor ASI memang sudah benar-benar memenuhi persyaratan untuk mendonorkan ASI terutama dalam masalah pemeriksaan kesehatan yang sudah ditentukan untuk melakukan donor ASI.

2. Keterampilan Pendonor

Dimana Anda harus memastikan bahwa calon pendonor ASI itu sudah mendapatkan pelatihan mengenai bagaimana cara tepat memerah, menyimpan, juga menjaga kebersihan agar kualitas ASI terjaga dengan baik.

3. Lakukanlah Pasteurisasi

Dimana Anda wajib melakukan proses pasteurisasi atau proses pemanasan baik secara pretoria ataupun secara flash heating yang mana hal ini bertujuan untuk mematikan semua virus-virus yang ada dalam ASI si pendonor.

Nah hal itulah yang harus Anda perhatikan ketika mendapatkan donor ASI, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan