Manfaat Terbaik Lotion Bayi Untuk Kesehatan Kulitnya

Manfaat Terbaik Lotion Bayi Untuk Kesehatan Kulitnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kulit bayi itu masih sangatlah sensitif sehingga Anda tidak boleh sembarangan menyentuh baik memakaikan benda apapun pada kulit si kecil termasuk tidak boleh memakaikan sembarang lotion bayi pada kulitnya. Penting untuk Anda ketahui bahwa kulit bayi itu memerlukan perhatian khusus karena selain kulitnya sensitif, kulit bayi juga begitu tipis dan rawan mengalami infeksi terutama pada kulit bayi baru lahir.

Dimana Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit bayi termasuk memilih lotion pemutih kulit bayi. Nah pada umumnya kebanyakan dari orangtua setelah selesai memandikan bayinya seringkali langsung mengoleskannya lotion pelembab pada kulitnya sehingga dari kebiasaan tersebutlah muncullah pertanyaan apakah harus mengoleskan lotion tersebut setiap hari pada bayi ? Lalu apakah manfaat dari mengoleskan lotion tersebut ?

Penting untuk Anda ketahui sebenarnya mengoleskan lotion atau body lotion bayi itu tidak begitu diperlukan pada kondisi kulit bayi yang tergolong normal. Namun sebagian dari ahli tetap merekomendasikan penggunaan lotion ini untuk sehari-hari dengan alasan karena ada berbagai hal yang bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering misalnya sehabis mandi menggunakan air hangat. Oleh karena itulah lotion ini disarankan untuk digunakan sehari-hari oleh bayi karena manfaatnya yang luar biasa.

Untuk kulit bayi yang tergolong super kering maka Anda bisa mengoleskan lotion bayi tersebut dua kali sehari atau setiap kali bayi ganti popok. Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih lotion bayi karena pemilihan lotion bayi yang kurang tepat bisa menyebabkan resiko yang berbahaya untuk kesehatan kulit bayi. Para ahli merekomendasikan agar Anda memilih lotion bayi yang memang benar-benar khusus bayi dan tidak mengandung parfum juga pewarna.

Lalu Bagaimana Dengan Kulit Bayi Baru Lahir ?

Penting untuk Anda ketahui jika diamati kulit bayi baru lahir akan tampak pecah-pecah dan kering. Nah kondisi itu bukanlah disebabkan karena kulit bayi kurang lembab atau Anda langsung menyimpulkan bahwa si kecil itu mengalami kulit yang kering. Kulit bayi baru lahir itu masih diselimuti oleh vernix, dimana vernix itu adalah lapisan kulit yang melapisi kulit bayi ketika masih dalam uterus (rahim).

Setelah bayi lahir maka vernix itu mulai lepas atau mengelupas dari kulit si kecil sehingga kulitnya akan tampak pecah-pecah. Oleh karena itulah Anda jangan langsung menyimpulkan kondisi kulit bayi dan langsung memakaikannya lotion pelembap karena para ahli menyarankan agar menunggu setidaknya hingga usia bayi 4 bulan makan bolehlah memakaikan si kecil lotion pelembab.

Hal ini dikarenakan penggunaan lotion yang terlalu dini bisa membuat kulit bayi menyerap zat kimia yang mana beresiko membahayakan sistem metabolisme tubuh si kecil. Namun disamping itu juga penting untuk Anda ketahui bahwa ada beberapa kasus kulit bayi baru lahir yang kering atau pecah-pecah parah tersebut disebabkan karena AC sehingga jika diperlukan lotion maka pilihlah lotion pelembab alami misalnya seperti minyak zaitun asli atau petroleum jelly.

Selain itu juga penting untuk Anda bahwa paparan sinar matahari (ultraviolet) itu tidak baik untuk kulit bayi, oleh karena itulah dokter menyarankan bayi hanya boleh dijemur dibawah sinar matahari pagi sebelum pukul 08.00. Disamping itu juga kulit bayi yang hanya mempunyai sedikit pigmen jika banyak terpapar sinar UV maka beresiko terkena kanker kulit.

Lalu Bagaimana Cara Tepat Untuk Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Lembab dan Halus ?

Berikut dibawah ini ada beberapa cara tepat untuk merawat kulit bayi agar kulit bayi tetap lembab dan halus yang penting untuk Anda ketahui :

  1. Mandikanlah bayi menggunakan air hangat dan pastikan suhunya tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin
  2. Gunakanlah sabun mandi dengan pH yang seimbang antara 4,5 hingga 5 karena pH ini sangat cocok untuk kulit bayi
  3. Jika adanya lapisan vermix caseosa pada kulit bayi maka janganlah Anda menggosoknya hal itu dikarenakan vermix caseosa tersebut adalah lapisan putih krem yang mana berkembang pada kulit bayi sebelum ia lahir dan vermix ini diyakini berfungsi sebagai pelembab juga pelindung kulit bayi selama dalam rahim
  4. Pakaikanlah bayi bedak yang mana khusus bayi dan bila perlu konsultasikan terlebih dulu hal ini dengan dokter agar Anda tidak salah dalam memilih bedak untuk si kecil
  5. Lindungilah bayi dari paparan sinar matahari langsung yang langsung manembus pada kulit bayi terutama itu adalah sinar matahari siang hal ini dikarenakan sinar matahari siang tersebut bisa merusak kulit bayi, namun berbeda lagi dengan sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk tubuh bayi.

Nah itulah beberapa cara untuk merawat kulit bayi yang penting untuk Anda ketahui. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan