Manfaat Alpukat Untuk Bayi 8 Bulan yang Penting Anda Ketahui

Manfaat Alpukat Untuk Bayi 8 Bulan yang Penting Anda Ketahui

Seperti yang telah kita ketahui bahwa alpukat itu merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mana banyak mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh baik bagi orang dewasa ataupun untuk bayi. Dimana manfaat alpukat untuk bayi usia 8 bulan itu sangatlah baik karena dalam alpukat itu terdapat vitamin, mineral, juga lemak sehat yang bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang bayi kedepannya.

Nah oleh karena itulah alpukat untuk bayi ini termasuk ke dalam salah satu makanan awal sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI yang direkomendasikan. Disamping alpukat itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, alpukat ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga ideal jika Anda jadikan sebagai bubur atau puree untuk si kecil. Selain itu juga rasa dari alpukat yang ringan juga enak ini sangat mudah sekali untuk disukai oleh bayi.

Walaupun alpukat ini tergolong ke dalam jenis buah-buahan namun alpukat ini tidak memiliki rasa masih yang berlebihan jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya sehingga alpukat ini sangat cocok untuk diberikan pada si kecil dengan bentuk penyajian yang bisa Anda jadikan sebagai bubur atau puree. Oleh karena itulah berikan alpukat pada si kecil karena inilah beberapa manfaat buah alpukat untuk bayi yang penting untuk Anda ketahui.

Beberapa Manfaat Alpukat untuk Bayi

Penting untuk Anda ketahui bahwa manfaat dari alpukat itu sangatlah beragam dan salah satunya alpukat itu bermanfaat sebagai sumber protein karena alpukat ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Tak hanya itu buah alpukat ini juga mengandung sedikit karbohidrat sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat ini tidak akan membuat bayi kelebihan mengkonsumsi gula.

Nah manfaat lain dari buah alpukat ini adalah mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang mana asam lemak ini berfungsi untuk mengurangi resiko peradangan yang mungkin saja terjadi pada bayi. Selain itu juga penting untuk Anda ketahui bahwa alpukat ini mengandung asam lemak omega 3 yang mana sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Berikut dibawah ini ada beberapa manfaat lain dari alpukat untuk si kecil usia 8 bulan yang penting untuk Anda ketahui :

  • Alpukat merupakan sumber vitamin C juga K yang baik dan tentunya dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi juga untuk perbaikan jaringan tubuh bayi.
  • Alpukat itu mengandung folat juga kalium yang mana bermanfaat untuk membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.
  • Alpukat itu mengandung mangan yang mana mangan itu sendiri terlibat dalam fungsi otak dan syaraf bayi.
  • Alpukat itu mengandung serat makanan yang berperan penting untuk kesehatan usus si kecil.

Itulah beberapa manfaat penting dari alpukat untuk si kecil yang penting untuk Anda ketahui. Walaupun alpukat ini tidak mengandung zat besi yang tinggi namun alpukat ini mengandung folat, vitamin B6, C juga riboflavin yang mana bermanfaat untuk membantu penyerapan zat besi sehingga pemberian alpukat ini sebagai MPASI bisa membantu untuk mencegah terjadinya anemia pada si kecil.

Lalu Bagaimana Cara Tepat Untuk Menyajikan Alpukat Bagi Bayi ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa selain karena alpukat ini mengandung banyak nutrisi, pemberian alpukat ini juga direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil sebagai MPASI karena mudah untuk disajikan. Dimana alpukat ini bisa Anda sajikan dengan cara cukup dihancurkan saja menggunakan blender lalu Anda sudah bisa memberikannya pada si kecil.

Namun disamping itu juga sebelum Anda membuat sebuah sajian alpukat untuk si kecil, terlebih dulu Anda harus jeli dalam memilih alpukat. Dimana pilihlah alpukat yang memang benar-benar masih segar dan tanpa bahan kimia, hindarilah memilih buah alpukat dengan bintik hitam ataupun adanya kerusakan lain yang terlihat pada kulit alpukat. Ingat berikan semua yang terbaik untuk bayi jadi pilihkanlah alpukat terbaik untuk si kecil agar manfaat baik dari buah alpukat ini didapatkan oleh si kecil.

Pastikan Anda mulai memperkenalkan MPASI pada si kecil harus sesuai dengan tingkatan usia bayi dan jangan lupa juga untuk terus memberikannya ASI sesuai dengan kebutuhan si kecil agar tumbuh kembangnya terdukung dengan baik sehingga ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan