Ketahuilah Penyebab Mengapa Bayi 9 Bulan Jarang Bergerak

Ketahuilah Penyebab Mengapa Bayi 9 Bulan Jarang Bergerak

Berdasarkan perkembangan bayi 9 bulan atau mengikuti perkembangan bayi yang berusia 9 bulan maka seharusnya pada usia tersebut ia sudah bisa bergerak secara normal, dimana bayi mulai menggerakkan anggota tubuhnya seperti merangkak juga kedua tangannya mulai bisa meraih benda apapun yang ada disekitarnya. Dan sebagai orangtua tentunya Anda akan merasa sangat sedih ketika si kecil pada usia 9 bulan ini ternyata tidak bisa melakukan banyak gerak atau justru ia lebih sering terdiam ketimbang bergerak aktif.

Anda juga pasti akan merasa begitu sangat sedih ketika melihat bayi usia 9 bulan yang harusnya sudah bisa merangkak dengan baik dan aktif bergerak ketika Anda ajak bermain namun ia tidak meresponnya sama sekali dan hal ini tentunya harus Anda waspadai karena bisa jadi si kecil mengalami gangguan terhadap tumbuh kembangnya. Dan tentunya Anda akan bertanya-tanya mengapa si kecil yang berusia 9 bulan tidak bisa bergerak dengan aktif ?

Beberapa Penyebab Mengapa Bayi yang Berusia 9 Bulan Jarang Bergerak dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Berikut dibawah ini ada beberapa penyebab mengapa bayi umur 9 bulan jarang melakukan pergerakan yang seharusnya memang pada usia tersebut ia sudah bisa bergerak dengan aktif dan berikut dibawah ini cara tepat untuk mengatasinya :

1. Kaki Bayi Lebih Lemah

Penting untuk Anda ketahui bahwa seharusnya ketika si kecil berusia 9 bulan maka gerakan kakinya menjadi lebih aktif, dimana bayi seharusnya lebih mudah untuk bergerak karena kaki mungilnya sudah mulai seimbang. Dimana biasanya pada usia ini bayi sudah mulai mencoba untuk merangkak secara perlahan walaupun bagian kakinya belum bisa menopang tubuhnya dengan sempurna, namun ia akan terus berusaha untuk bisa merangkak sehingga tentunya ia pasti lebih aktif bergerak.

Dan kondisi ini berbeda dengan bayi yang memiliki kaki lebih lemah, dimana biasanya ia belum bisa bergerak secara aktif sehingga ia hanya bisa tertidur saja diatas tempat tidur. Hal ini tentunya harus Anda waspadai dan segera mengatasinya dengan beberapa cara seperti dibawah ini :

  • Anda bisa mencoba untuk memancingnya dengan alat bantu gerak misalnya dengan meletakkan kursi yang kuat disekitaran bayi
  • Setelah itu rangsanglah tangan si kecil untuk mencari pegangan yang kuat agar ia tidak terjatuh
  • Kemudian lakukanlah beberapa trik melatih bayi merangkak tanpa membuat otot tubuhnya menjadi kesakitan
  • Lalu cobalah untuk memberikan gerakan memutar atau bersepeda pada si kecil sambil ia tiduran, hal ini bermanfaat untuk membantu melatih kekuatan kaki si kecil

2. Adanya Gangguan Keseimbangan Pada Tubuh Bayi

Penting untuk Anda ketahui bahwa terkadang bayi menjadi tidak aktif pada usia 9 bulan bisa juga disebabkan karena masalah keseimbangan tubuhnya. Dimana pada usia 9 bulan ini seharusnya ia sudah mulai mencoba untuk berdiri dengan sendirinya atau paling tidak ia sudah bisa duduk secara mandiri, namun karena keseimbangan tubuhnya mengalami gangguan maka otot punggungnya menjadi ke bawah sehingga menjadi lemah untuk melakukan suatu gerakan.

Dimana untuk mengatasi masalah gangguan pada keseimbangan tubuh bayi maka Anda bisa merangsangnya dengan melakukan beberapa pijatan lembut pada tubuh si kecil. Selain itu juga untuk mencegah bayi mengalami keterlambatan dalam berjalannya maka Anda harus sering mengajaknya untuk berlatih, Anda bisa menyediakan waktu beberapa menit saja untuk melatih si kecil berjalan.

3. Otot Bayi Lemah

Nah penyebab lain bayi tidak banyak melakukan pergerakan pada usia 9 bulan juga bisa dikarenakan kondisi otot tubuhnya yang lemah dan otot lemah ini bisa disebabkan karena bayi kurang mendapatkan rangsangan ketika ia masih kecil. Selain itu juga otot lemah atau cedera otot pada bayi juga bisa disebabkan karena ketika Anda mengandungnya, Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau dalam kata lain Anda kekurangan nutrisi tertentu.

Oleh karena itulah ketika si kecil masih dalam kandungan maka penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh Anda karena pertumbuhan dan dukungan untuk gerakan otot si kecil sudah terjadi ketika ia masih menjadi janin dalam kandungan Anda. Nah cara tepat untuk mengatasi masalah ini maka alangkah lebih baiknya jika Anda memberikannya pijatan lembut.

Dimana ada banyak sekali manfaat pijat untuk bayi yang mana bisa membuat kondisi otot bayi menjadi lebih kuat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi maka Anda bisa mencoba melakukan terapi pijat di tempat terapis profesional yang memang khusus untuk bayi.

4. Perkembangan Motorik Bayi yang Lambat

Seperti yang telah dokter jelaskan bahwa perkembangan motorik halus bayi itu mulai berkembang sejak ia lahir hingga usianya lebih dewasa. Dimana saat bayi mengalami keterlambatan dalam perkembangan motoriknya maka ini bisa menyebabkan kekuatan kaki juga tangannya menjadi lebih lemah atau lambat. Oleh karena itulah Anda harus segera mengatasi masalah ini karena motorik halus itu sangat penting untuk membantu kaki berpijak juga tangan memegang beberapa benda.

Nah cara tepat untuk mengatasinya yaitu Anda bisa merangsang si kecil dengan melakukan beberapa jenis gerakan yang bisa membantu bayi agar bergerak dengan normal. Dimana Anda bisa membawa si kecil pada ahli terapis agar kondisi kekuatan otot kaki dan tangan bayi bisa berkembang dengan sempurna.

5. Bayi Mengalami Gangguan Autis

Nah kurang gerakan yang terjadi pada usia 9 bulan ini juga bisa terjadi kerana adanya gejala autis, yang mana kondisi ini disebabkan karena kelainan yang bisa terjadi sejak ia masih dalam kandungan. Dimana hal ini membuat si kecil seperti memiliki dunianya sendiri sehingga ia menjadi kurang respon terhadap apapun yang ada disekitarnya. Cara tepat untuk mengatasi masalah ini pun tiada lain dengan Anda harus mengkonsultasikannya dengan ahli agar bayi bisa mendapatkan tes dari ahli terapis.

Itulah beberapa penyebab juga cara tepat untuk mengatasi si kecil yang berusia 9 bulan dan jarang melakukan gerakan. Semoga beberapa penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan