Ketahuilah Ini Penyebab Mengapa Bayi Lahir Kembar Siam

Ketahuilah Ini Penyebab Mengapa Bayi Lahir Kembar Siam

Ketika seorang ibu hamil yang mengetahui bahwa ia sedang mengandung bayi kembar maka pasti ia akan merasa begitu sangat bahagia termasuk juga Anda bukan ? Yang mana itu artinya Anda akan langsung merawat 2 bayi baru lahir sekaligus dan perlengkapan yang dibutuhkan pun akan jauh lebih banyak dari biasanya. Namun disamping itu penting untuk Anda ketahui bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa bayi kembar yang lahir tersebut adalah bayi yang kembar siam.

Dimana Anda harus tahu bahwa 1 dari 200.000 kelahiran bayi yang kembar itu adalah bayi kembar siam. Dan hal ini tentunya akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu hamil yang sudah dipastikan ia mengandung bayi kembar. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk selalu memeriksakan secara rutin kandungan pada dokter ahli.

Apa Itu Kembar Siam ?

Bagi beberapa orangtua mungkin sepintas sudah mengetahui apa itu baby kembar siam dan tak jarang juga banyak sekali orangtua yang tidak mengetahui apa itu kembar siam. Nah kembar siam itu merupakan 2 bayi yang kembar identik dan terlahir dengan bagian tubuh yang menyatu pada saat kelahirannya. Dan pada umumnya bagian tubuh yang menyatu tersebut adalah dada, perut, juga bagian panggul.

Namun ada juga sebagian kecil kasus bayi yang kembar siam menyatu pada satu organ tubuhnya. Dan kebanyakan 40-60% bayi yang terlahir kembar siam meninggal ketika berada dalam rahim ataupun meninggal saat dilahirkan, namun ada juga bayi yang terlahir kembar siam masih hidup hingga dewasa.

Inilah Jenis Kembar Siam

Berikut dibawah ini ada beberapa jenis kembar siam yang penting untuk Anda ketahui :

  • Omphalopagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar siam yang menyatu pada bagian dekat perut atau pusar.
  • Thoracopagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar siam yang menyatu pada bagian dada.
  • Parapagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar siam yang menyatu pada bagian panggul, seluruh atau hanya sebagian dada juga perut secara menyamping.
  • Ischipagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar siam yang menyatu pada bagian panggul, baik dengan wajah yang saling menghadap atau membelakangi.
  • Pygopagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar siam yang menyatu pada bagian punggung.
  • Rachipagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar yang menyatu pada bagian sepanjang tulang belakang.
  • Craniopagus. Dimana kembar siam jenis ini yaitu kembar yang menyatu pada bagian kepala namun tidak pada bagian wajah.
  • Cephalopagus. Dimana kembar jenis ini yaitu kembar yang menyatu pada bagian wajah juga bagian atas tubuh.

Lalu Apa Sih Penyebab Bayi Lahir Kembar Siam ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa penyebab kembar siam itu adalah proses pemisahan embrio yang berlangsung tidak sempurna, dimana pada awalnya embrio kembar siam sama seperti embrio kembar identik. Yang mana normalnya embrio bayi kembar tersebut akan mengalami proses pemisahan secara sempurna dalam waktu 8 hingga 12 hari dan setiap embrio tersebut akan berkembang masing-masing.

Namun pada kasus kembar siam ini proses pemisahan embrio ini bisa melambat menjadi 13 hari bahkan hingga 15 hari. Yang mana pemisahan dari 2 embrio tersebut tiba-tiba saja terhenti dan mulai berkembang dalam keadaan embrio yang masih melekat satu sama lain pada bagian tertentu dan hal inilah yang kemudian menyebabkan bayi terlahir kembar siam.

Lalu Bagaimana Cara Tepat Untuk Menangani Kembar Siam Ini ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa penanganan kembar siam itu tidak bisa disamaratakan, hal ini dikarenakan yaitu tadi kembar siam itu memiliki beberapa jenis yang berbeda sehingga penanganan yang dilakukan pun bervariasi dan tergantung pada bagian tubuh mana yang menyatu serta organ tubuh bagian dalam mana saja yang harus saling berbagi. Berikut dibawah ini ada beberapa cara tepat untuk menangani kembar siam :

  • Pemantauan Selama Kehamilan. Dimana setelah didiagnosa Anda mengandung bayi kembar siam maka penanganan pertama yang harus dilakukan yaitu rajinlah untuk melakukan pemantauan selama kehamilan, hal ini bertujuan agar dokter bisa melakukan semua yang terbaik bagi Anda juga bagi calon bayi kembar siam tersebut.
  • Lakukan Persalinan Secara Caesar. Dimana ketika Anda positif mengandung bayi yang kembar siam maka lakukanlah proses persalinan secara caesar dan biasanya operasi ini dilakukan jauh sebelum HPL Anda dan setelah si kecil lahir maka dokter akan langsung melakukan pengawasan dan evaluasi untuk kemudian dilakukan perencanaan perawatan.
  • Melakukan Operasi Beda Untuk Pemisahan. Nah setelah bayi kembar siam lahir maka biasanya dokter spesialis akan menyarankan agar melakukan operasi bedah untuk memisahkan bagian tubuh yang menyatu dan biasanya proses operasi pemisahan ini dilakukan setelah bayi berusia 2 hingga 4 bulan.
  • Jalanilah Perawatan Lanjutan. Dimana jika bayi yang kembar siam sudah berhasil dipisahkan dengan selamat maka Anda harus tetap melakukan pemeriksaan si kecil pada ahli medis secara rutin karena hal ini bertujuan untuk kebaikan bayi yang kembar siam.

Itulah beberapa penanganan tepat yang bisa Anda lakukan jika Anda positif mengandung bayi yang kembar siam. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan