Ketahuilah Ini 5 Kandungan ASI yang Penting untuk Tubuh Bayi

Ketahuilah Ini 5 Kandungan ASI yang Penting untuk Tubuh Bayi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dokter merekomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi sampai usianya menginjak 2 tahun atau setidaknya pada 6 bulan pertama masa kehidupan bayi. Hal ini dikarenakan manfaat ASI eksklusif yang begitu luar biasa untuk menunjang kebutuhan nutrisi tubuh bayi agar tumbuh kembangnya berlangsung dengan baik tanpa adanya gangguan.

Selain itu juga dokter menjelaskan bahwa ASI itu merupakan sumber nutrisi terbaik untuk tubuh bayi sehingga tak heran jika dokter saja merekomendasikan agar setiap ibu menyusui memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Nah salah satu kandungan ASI yang paling penting untuk tubuh bayi adalah kolostrum, dimana kolostrum itu sendiri adalah cairan yang keluar pertama kali dari payudara Anda sesaat setelah melahirkan si kecil.

Dimana warnanya sedikit kekuningan dan kolostrum ini hanya diproduksi pada 3-4 hari pertama pasca melahirkan, yang mana kolostrum ini sangatlah penting untuk sistem imun atau kekebalan tubuh bayi sehingga tak heran jika beberapa dari orangtua tentunya akan merasa sangat sedih ketika tidak bisa segera memberikan ASI pertamanya pada si kecil dengan berbagai penyebab misalnya kondisi bayi yang mengharuskannya untuk dirawat dalam inkubator ataupun penanganan khusus lainnya.

Penting untuk Anda ketahui bahwa kolostrum itu mengandung sekretori IgA juga laktoferin yang mana kedua kandungan tersebut adalah 2 senyawa yang penting dalam perkembangan kekebalan tubuh bayi. Kandungan laktosa atau gula susu yang terdapat dalam kolostrum juga sangat rendah dan hal ini merupakan indikasi bahwa kolostrum memiliki fungsi utama yaitu sebagai pembangun sistem imun atau sistem kekebalan tubuh bayi.

Oleh karena itulah agar si kecil mendapatkan manfaat ASI yang satu ini maka Anda harus segera memberikan ASI pertama yang baru keluar setelah proses melahirkan pada si kecil. Dan ingat jangan sampai Anda berpikiran bahwa kolostrum yang keluar tersebut adalah kotoran pada ASI sehingga Anda membuangnya.

Selain kolostrum Anda juga harus mengetahui 5 kandungan dalam ASI yang lainnya agar Anda pun memiliki alasan kuat mengapa harus memberikan ASI eksklusif pada si kecil, terkecuali memang ada kondisi tertentu yang memang mengharuskan Anda untuk memberikan si kecil susu formula misalnya seperti produksi yang tidak lancar.

Inilah 5 Kandungan Dalam ASI yang Sangat Penting untuk Tubuh Bayi

Berikut dibawah ini ada 5 kandungan dalam ASI yang sangat penting untuk tubuh bayi dan tentunya harus Anda ketahui :

1. Protein

Kandungan protein yang terdapat dalam ASI cukuplah tinggi dan komposisinya berbeda dengan protein yang ada pada susu sapi, dimana protein dalam ASI itu lebih banyak terdiri dari protein whey yang mana lebih mudah untuk diserap oleh usus bayi sehingga tidak akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan bayi yang bisa menyebabkan terjadinya sembelit pada bayi.

Sedangkan protein yang ada dalam susu sapi itu lebih banyak terdiri dari protein casein yang mana jauh lebih sulit untuk diserap oleh usus bayi dan hal ini banyak sekali menjadi penyebab bayi mengalami sembelit. Selain itu juga kualitas protein dalam ASI jauh lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi, dimana asam amino yang ada dalam ASI jauh lebih lengkap dibandingkan dengan susu sapi.

2. Lemak

Kadar lemak yang terdapat dalam ASI jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi, dimana kadar lemak yang tinggi ini sangatlah dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak selama masa bayi. Selain itu juga lemak omega 3 juga omega 6 yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi juga paling banyak ditemukan pada ASI, asam lemak rantai panjang seperti asam dokosaheksanoik juga asam arakidonat yang berperan penting dalam perkembangan jaringan syaraf juga retina mata bayi banyak terkandung dalam ASI.

3. Karnitin

Karnitin itu sangat berperan penting untuk membantu proses pembentukan energi yang diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh dan ASI memiliki kandungan karnitin yang tinggi terutama pada 3 minggu awal menyusui bahkan dalam kolostrum kadar karnitin ini lebih tinggi lagi sehingga usahakan Anda bisa memberikan ASI eksklusif pada si kecil agar manfaat baik karnitin ini bisa didapatkan oleh si kecil.

4. Mineral

Dimana mineral dalam ASI mempunyai kualitas yang jauh lebih baik dan juga lebih mudah diserap oleh tubuh bayi jika dibandingkan dengan mineral yang terdapat pada susu sapi. Nah mineral utama yang terdapat dalam ASI adalah kalsium, yang mana kalsium ini berfungsi untuk pertumbuhan jaringan otot juga rangka, transmisi jaringan syaraf, dan juga pembekuan darah.

5. Vitamin

Dimana dalam ASI terdapat banyak vitamin yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh si kecil, diantaranya Vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu zat gizi yang berfungsi sebagai faktor pembekuan, Vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit tulang pada bayi, Vitamin E yang dibutuhkan tubuh sebagai ketahanan dinding sel darah merah, dan juga Vitamin A yang mana selain berfungsi untuk kesehatan mata, Vitamin A ini juga berfungsi untuk mendukung terjadinya pembelahan sel, sistem kekebalan tubuh, juga pertumbuhan.

Nah itulah 5 kandungan penting dalam ASI untuk tubuh bayi yang penting untuk Anda ketahui, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan