Kenalilah 9 Cara Tepat Ini untuk Meredakan Tangisan Bayi

Kenalilah 9 Cara Tepat Ini untuk Meredakan Tangisan Bayi

Tangisan bayi pertama kali saat ia baru dilahirkan adalah suara indah dan suara kebahagiaan bagi setiap orangtua terutama bagi Anda yang sudah bersusah payah untuk melahirkannya. Yang mana tangisan pertama tersebut menjadi pertanda bahwa kini Anda telah menjadi seorang wanita hebat yang telah melahirkan seorang bayi mungil lucu dan tangisan awal inilah yang akan menjadi awal dari segalanya bagi Anda juga si kecil.

Nah sebagai seorang ibu baru tentunya Anda akan begitu merasa tenang ketika bisa melihat si kecil bisa tidur dengan nyenyak, namun sebagai seorang ibu baru Anda juga tentunya akan merasa sangat khawatir ketika secara tiba-tiba saja bayi menangis bahkan Anda bertanya-tanya kenapa bayi menangis terus ? Untuk menghadapi kondisi Anda tidak perlu merasa khawatir dan panik, dimana langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa penyebabnya.

Karena bayi tidak akan mungkin menangis secara terus menerus tanpa adanya sebab yang jelas. Dimana bisa jadi ia menangis disebabkan karena merasa lapar, popoknya basah, ia merasa tidak nyaman dengan suhu ruangannya, atau ia digigit nyamuk. Nah agar Anda bisa dengan mudah mengetahui apa penyebabnya maka Anda juga harus mengetahui arti tangisan bayi agar ketika ia menangis secara terus-menerus dengan nada seperti ini maka Anda sudah mengetahui bahwa ia sedang memerlukan sesuatu.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bayi itu belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya sehingga untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya maka ia akan menangis hingga Anda bisa mengatasi apa yang sedang dirasakan dan diinginkannya. Dan seperti yang telah dijelaskan diatas agar Anda bisa dengan mudah mengatasi bayi yang menangis terus-menerus maka Anda harus mengetahui terlebih dulu apa penyebabnya.

9 Cara Tepat untuk Meredakan Tangisan Si Kecil

Penting untuk Anda ketahui bahwa menenangkan atau mengatasi bayi menangis itu adalah salah satu cara yang tepat untuk mendekatkan diri dengan si kecil. Berikut dibawah ini ada 9 cara tepat untuk meredakan tangisan si kecil yang penting untuk Anda ketahui :

1. Bedonglah Tubuh Bayi

Salah satu manfaat baik membedong bayi itu yaitu akan membuatnya merasa begitu nyaman sama seperti ketika ia berada dalam rahim sehingga ketika ia sedang menangis karena rasa tidak nyaman maka Anda bisa mengatasinya dengan cara membedong tubuhnya agar ia merasa jauh lebih nyaman dan secara perlahan tangisannya pun bisa mereda.

2. Telungkupkanlah Bayi

Ketika si kecil sangat rewel maka Anda bisa mencoba mengubah posisi tidurnya seperti ketika ia dalam rahim yaitu posisi telungkup atau meringkuk yang mana posisi seperti ini akan membuat bayi jauh lebih nyaman sehingga tangisannya pun bisa mereda.

3. Berbisiklah Suara Sshhh Pada Si Kecil

Penting untuk Anda ketahui membisikkan suara sshhh pada si kecil bisa sedikit membantunya untuk lebih tenang, hal ini dikarenakan suara tersebut mirip dengan desingan yang melingkupinya ketika sedang berada dalam rahim. Selain itu penelitian menjelaskan bahwa nada seorang ibu adalah cara yang paling efektif untuk menenangkan tangisan si kecil.

4. Lakukan Gerakan Mengayun

Bayi itu sangat senang sekali dengan gerakan-gerakan ketika ia digendong seperti dalam rahim Anda, oleh karena itulah untuk meredakan tangisannya Anda bisa membuat gerakan mengayun-ayunkan tubuh si kecil.

5. Berikanlah Bayi ASI

Penting untuk Anda ketahui bahwa mengisap adalah relaksasi yang baik untuk bayi sehingga Anda bisa mencoba untuk memberikannya ASI ketika ia tidak bisa berhenti menangis.

6. Berikan Bayi Sentuhan Lembut

Sentuhan lembut pada bayi bisa menstimulasi reseptor perasaan nyaman diotak bayi, selain itu juga penelitian menjelaskan bahwa sentuhan lembut disepanjang tubuh bayi lebih efektif dibandingkan dengan sentuhan pendek dengan gerakan yang cepat. Oleh karena itulah Anda bisa menyentuh atau memijat lembut tubuh bayi agar ia merasa jauh lebih nyaman.

7. Nyanyikanlah Si Kecil Sebuah Lagu Favoritnya

Dimana ketika ia menangis secara terus menerus maka Anda bisa menyanyikan sebuah lagu favoritnya dengan tempo lambat dengan suara yang tenang juga pelan sehingga ia akan merasa jauh lebih nyaman dan tangisannya pun bisa mereda.

8. Mandikanlah Bayi Dengan Menggunakan Air Hangat

Suara air yang mengalir dan hangatnya air pada kulit bisa membuat bayi merasa jauh lebih nyaman sehingga ketika ia menangis terus maka Anda bisa mencoba untuk memandikannya menggunakan air hangat.

9. Tetaplah Tenang dan Jangan Langsung Panik

Dimana ketika si kecil terus saja menangis dan susah untuk ditenangkan maka Anda jangan langsung merasa panik karena bayi bisa merasakan ketegangan yang Anda rasakan sehingga hal ini malah akan membuat bayi jadi semakin menangis dengan kencang. Oleh karena itulah tetap berusaha untuk tenang dalam mengatasi bayi menangis terus menerus maka bayi pun akan lebih mudah untuk tenang.

Itulah 9 cara tepat untuk meredakan tangisan si kecil, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan