Inilah Penyebab Utama Terjadinya Gondongan Pada Anak

Inilah Penyebab Utama Terjadinya Gondongan Pada Anak

Waspadailah jika si kecil selalu mengeluh sakit pada bagian tenggorokannya dan ia mengeluh susah menelan karena sakit sehingga ia sulit untuk makan yang mana hal ini menyebabkan anak menjadi lemas juga lesu. Dimana Anda harus mewaspadainya dan segera konsultasikan pada dokter karena kemungkinan besar anak mengalami gondongan atau yang lebih sering disebut dengan gondok.

Apa Itu Gondongan ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa gondongan pada anak itu merupakan suatu penyakit yang menyebabkan kelenjar air ludahnya mengalami pembengkakan yang disebabkan karena virus, dimana virus itu dikenal dengan nama virus paramyxovirus yang mana virus tersebut bisa menyebar melalui kontak langsung misalnya penularannya bisa terjadi melalui air liur orang yang sudah terinfeksi penyakit gondongan.

Oleh karena itulah jika percikan air liur mengenai tubuh anak maka kemungkinan besar ia akan terinfeksi oleh virus tersebut dan tentunya hal ini juga akan menyebabkan terjadinya gondok pada anak. Terutama jika anak sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh, maka akibatnya anak akan mengalami pembengkakan dan rasa nyeri pada area mulutnya.

Dan hal ini tentunya mengharuskan Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengobati gondongan pada anak. Biasanya penyakit ini banyak menyerang anak yang berusia 2 hingga 12 tahun. Penting untuk Anda ketahui bahwa gondongan ini akan menyebabkan pembengkakan pada kelenjar air ludah yang berada dibagian bawah telinga samping sehingga ketika orang yang sedang mengalami penyakit gondok ini pasti bagian samping wajahnya akan terlihat membesar juga bengkak.

Biasanya orang jaman dulu atau orangtua jaman dulu seringkali mengatasi gondongan ini dengan cara menggunakan blau atau sabun cuci yang berwarna biru kemudian menggosokkannya ke area yang bengkak dan hal ini dipercaya akan membuat gejala gondongan yang terjadi akan jadi mereda. Namun Anda harus tahu bahwa ini hanyalah mitos dan sebaiknya tidak dilakukan lagi.

Bagaimana Gejala Dari Penyakit Gondongan ?

Gondongan yang terjadi ini biasanya menunjukkan gejala setelah terkena virus selama 2 minggu dan gejala yang ditimbulkan pun mirip seperti gejala ketika akan mengalami influenza. Berikut dibawah ini beberapa gejalanya yang harus Anda ketahui :

  • Anak mengalami demam
  • Anak menjadi tidak nafsu makan karena rasa sakit saat menelan makanan
  • Anak mengalami sakit kepala
  • Anak terlihat menjadi lebih lemas
  • Anak mengalami sakit diseluruh bagian tubuhnya

Yang mana beberapa gejala tersebut dibarengi dengan terjadinya pembengkakan kelenjar ludah juga demam yang semakin tinggi, demam tersebut bisa mencapai 39 derajat celcius. Bagian yang bengkak pun biasanya akan terasa sangat sakit ketika disentuh, oleh karena itulah tak jarang banyak sekali Anak yang tak mau disentuh.

Lalu Bagaimana Cara Tepat untuk Mengatasi Gondongan Tersebut ?

Nah karena penyakit gondok ini disebabkan oleh virus maka cara tepat untuk mengatasinya bukanlah dengan memberikannya antibiotik melainkan Anda harus merawat penyakit gondongan tersebut sesuai dengan gejala yang muncul. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan anak saat mengalami gondok. Berikut dibawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan :

  • Suruhlah Anak untuk beristirahat saat ia merasa sangat lemas
  • Berikan Anak obat penghilang rasa sakit yang mana tentunya sesuai dengan anjuran dari dokter dan ingat hindari memberikan Anak obat yang mengandung bahan kimia sembarangan karena ini akan menyebabkan resiko yang berbahaya untuk kesehatan anak kedepannya
  • Untuk meringankan rasa sakit yang terjadi maka Anda bisa mengompreskan es batu atau Anda bisa mengompresnya menggunakan air hangat pada area yang bengkak
  • Berikanlah Anak minum air putih yang lebih banyak hal ini menghindari terjadinya dehidrasi pada anak karena demam yang terjadi
  • Berikanlah makanan yang mudah ditelan anak ketika sedang mengalami gondok misalnya seperti sup, bubur, ataupun agar-agar yang lembut
  • Hindari memberikan minuman atau makanan yang asam pada anak karena hal ini malah akan membuat kelenjar ludah menjadi semakin sakit atau bisa dikatakan hal ini malah akan menyebabkan keadaan menjadi semakin parah

Penyakit ini biasanya memang akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu, namun walaupun begitu tetap saja Anda harus merawat gondongan yang terjadi dengan beberapa cara diatas agar gondongan yang terjadi tidak semakin parah dan bisa sembuh dengan cepat.

Anak yang sudah pernah mengalami penyakit gondongan ini biasanya tidak akan terserang lagi untuk yang kedua kalinya karena sistem imun dalam tubuhnya sudah beradaptasi dengan virus tersebut sehingga bisa melindungi diri dari serangan virus mumps selanjutnya, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan