Inilah Bahaya Juga Manfaat Air Tajin untuk Bayi Usia 3 Bulan

Inilah Bahaya Juga Manfaat Air Tajin untuk Bayi Usia 3 Bulan

Banyak sekali orangtua yang menanyakan apakah boleh memberikan air tajin untuk bayi, nah penting untuk Anda ketahui air tajin ini bukanlah cairan yang diperuntukkan sebagai pengganti ASI bagi si kecil, namun penting untuk Anda ketahui bahwa air tajin ini bisa Anda berikan pada bayi yang mulai mengkonsumsi MPASI atau pada bayi yang sudah dikenalkan pada MPASI (makanan pendamping ASI).

Penting untuk Anda ketahui jangan sampai meremehkan manfaat air tajin untuk bayi, karena beras itu selalu dianggap sebagai makanan yang rendah akan resiko alergi dan beras juga seringkali menjadi menu pertama yang seringkali diperkenalkan Anda kepada si kecil saat ia masuk ke fase MPASI. Namun sebelum Anda memperkenalkan berasnya atau makanan olahan dari beras secara langsung pada si kecil maka terlebih dulu Anda bisa mencoba untuk mengenalkan air beras atau air tajin untuk si kecil.

Lalu Apa Itu Air Tajin ?

Air tajin itu adalah air yang digunakan untuk memasak beras dirumah, dimana air mendidih sesaat sebelum nasi matang dan inilah yang disebut dengan air tajin. Air tajin itu sendiri sebenarnya mengandung banyak pati yang terbentuk sebelum menjadi nasi dan pati tersebut bermanfaat untuk kesehatan bayi, selain itu juga air tajin dianggap ekonomis karena untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya yang mahal.

Dimana penting untuk Anda ingat bahwa air tajin yang baik itu berasal dari beras yang memang belum terlepas dari kulit arinya, menurut seorang peneliti menjelaskan bahwa air tajin yang berasal dari beras yang belum terlepas dari kulit arinya mengandung banyak mineral, enzim, antioksidan, vitamin B juga vitamin E yang mana semua kandungan itu dibutuhkan oleh bayi. Nah oleh karena itulah untuk mendapatkan manfaat tajin untuk bayi maka buatlah air tajin yang berasal dari beras yang belum terlepas dari kulit arinya.

Lebih bagus lagi jika Anda membuat air tajin itu dari beras merah, hal ini dikarenakan beras putih yang dijual dipasaran itu sudah dibersihkan dari kulit arinya.

Apa Saja Manfaat Air Tajin untuk si kecil ?

Nah sebelum Anda memperkenalkan air tajin pada bayi maka alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu apa saja manfaat juga bahayanya air tajin untuk si kecil, hal ini bertujuan agar Anda bisa mempertimbangkan apakah air tajin tersebut baik untuk si kecil atau tidak dan berikut dibawah ini ada beberapa manfaat dari air tajin untuk si kecil yang penting untuk Anda ketahui :

1. Membantu untuk Meredakan Terjadinya Diare Pada Bayi

Penting untuk Anda ketahui bahwa ternyata air tajin itu sangat efektif untuk menyembuhkan diare juga masalah perut lainnya yang terjadi pada bayi mulai dari level yang terendah hingga level yang sedang. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa meminum air tajin itu bisa mengurangi intensitas BAB pada bayi. Oleh karena itulah ketika si kecil mengalami diare maka Anda bisa memberikannya air tajin dengan takaran kurang lebih 120 ml setiap 4 jam sekali hingga gejala diare yang terjadi pada bayi mereda.

2. Membantu untuk Menyembuhkan Eksim yang Terjadi Pada Bayi

Air tajin yang diberikan pada bayi ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan eksim yang diderita oleh bayi. Dimana penyakit eksim ini umum terjadi pada bayi dan kondisi ini sangat membuat bayi tidak nyaman sehingga eksim ini bisa menyebabkan bayi menjadi sangat rewel, nah oleh karena itulah untuk mengatasinya Anda bisa menyampurkan 2 cangkir air tajin pada air mandi bayi lalu mandikanlah bayi menggunakan air tersebut.

3. Mampu Menurunkan Demam yang Terjadi Pada Bayi

Dimana Anda bisa merebus beras dengan 2-3 cangkir air hingga beras menjadi matang, kemudian saring air tajin dan berikanlah pada si kecil dalam porsi yang kecil juga.

4. Menjadi Sumber Energi Bagi Bayi

Air tajin itu mengandung karbohidrat yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan energi bayi setelah ia seharian bermain, selain itu juga air tajin mudah untuk diserap oleh tubuh. Nah oleh karena itulah jika Anda ingin selalu melihat si kecil bisa bermain dengan aktif maka Anda bisa memberikannya air tajin.

5. Membantu untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh Bayi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa air tajin itu kaya akan vitamin dan mineral yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi untuk perkembangannya, selain itu juga protein pada air tajin dibutuhkan oleh tubuh bayi karena bermanfaat untuk menguatkan tulang bayi.

Lalu Apakah Ada Bahayanya Memberikan Air Tajin Pada Bayi ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa air tajin itu kaya akan vitamin, protein, juga mineral yang tentunya baik untuk kesehatan bayi. Namun disamping itu juga penting untuk Anda ketahui air tajin yang diberikan pada si kecil bisa menimbulkan resiko yang berbahaya untuk kesehatan tubuh bayi terutama pada bayi yang memiliki alergi terhadap barley dan oat karena air tajin ini justru malah akan menyebabkan bayi mengalami alergi.

Oleh karena itulah jika Anda belum pernah memberikan air tajin sebelumnya pada si kecil maka alangkah lebih baiknya jika terlebih dulu Anda mengkonsultasikannya dengan dokter anak agar pemberian air tajin ini menjadi efektif dan si kecil mendapatkan manfaat terbaiknya. Dimana sebaiknya Anda memberikan air tajin pada bayi ketika usianya memasuki 6 bulan atau ketika ia sudah dikenalkan pada MPASI, dan perkenalkanlah air tajin ini secara bertahap dengan memasukkannya kedalam menu MPASI.

Nah yang terpenting dan perlu Anda ingat bahwa air tajin itu hanya berfungsi sebagai makanan tambahan saja bukan sebagai pengganti ASI. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan