Inilah 8 Langkah Agar Perlengkapan Makan Bayi Bebas Kuman

Inilah 8 Langkah Agar Perlengkapan Makan Bayi Bebas Kuman

Ya seperti yang telah kita ketahui bahwa setelah si kecil menginjak usia 6 bulan maka itu adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mengenalkannya pada makanan pendamping ASI atau yang lebih dikenal dengan sebutan MPASI. Yang mana hal ini tentunya mengharuskan Anda untuk mengetahui makanan apa sih yang cocok bagi bayi yang baru pertama kali dikenalkan pada MPASI dan hal ini tentunya juga mengharuskan Anda untuk memiliki perlengkapan makan bayi dirumah.

Dimana penting untuk Anda ketahui bahwa tempat makan bayi itu untuk saat ini masuk ke dalam list perlengkapan bayi yang memang harus ada dan harus Anda persiapkan agar ketika waktu mengenalkan makanan pertama pada si kecil semua perlengkapan sudah siap sedia dan Anda hanya tinggal mencari tahu saja makanan apa yang cocok dan baik untuk bayi yang baru pertama kali mendapatkan makanan padat.

Dan yang terpenting pisahkan peralatan makan bayi dengan peralatan makan orang dewasa, selain itu juga penting untuk Anda ketahui bahwa menjaga kebersihan perlengkapan makan si kecil itu merupakan sebuah investasi yang baik untuk kesehatan bayi. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk selalu menjaga perlengkapan makan si kecil agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik dan ia pun bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

8 Langkah yang Harus Dilakukan Agar Perlengkapan Makan Si Kecil Bebas Dari Kuman

Berikut dibawah ini ada 8 langkah untuk membersihkan perlengkapan makan si kecil yang harus Anda ketahui agar perlengkapan makannya terbebas dari kuman :

1. Pastikan Terlebih Dulu Tangan Anda Dalam kondisi Bersih

Dimana saat Anda akan mencuci perlengkapan makan si kecil maka pastikanlah tangan Anda dalam kondisi bersih dan cucilah tangan Anda menggunakan sabun, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya perpindahan kuman dari tangan Anda ke perlengkapan makan si kecil.

2. Bedakanlah Antara Alat Mencuci Peralatan Makan Si Kecil dengan Anggota Keluarga yang Lainnya

Penting untuk Anda ketahui bahwa jangan samakan antara spons pencuci piring juga sikat botol bayi dengan alat pencuci perlengkapan makan anggota keluarga yang lainnya. Dimana spons yang sudah digunakan bersama cenderung akan banyak mengundang bakteri. oleh karena itulah bedakan spons pencuci alat makan si kecil dengan alat makan anggota keluarga lainnya dan spons yang sudah digunakan untuk membersihkan alat makan si kecil maka harus dikeringkan agar tidak lembap juga berjamur.

3. Lepaskan Semua Komponen Perlengkapan Makan Si Kecil

Dimana ketika Anda akan mencuci peralatan makan si kecil maka sebaiknya terlebih dulu lepaskan semua komponen peralatan makan agar lebih memudahkan Anda dalam proses mencucinya. Selain itu juga hal ini bertujuan semua sisa makanan atau kotoran yang menempel pada sela-selanya bisa hilang dengan mudah.

4. Sikat Alat Makan Si Kecil

Saat Anda membersihkan perlengkapan makan si kecil maka jangan lewatkan untuk menyikat hingga ke bagian sela-selanya. Anda tentunya tidak ingin kan ada sisa makanan yang masih menempel pada perlengkapan makan si kecil karena hal ini akan menyebabkan bakteri atau kuman mudah tumbuh. Oleh karena itulah sikat hingga bersih perlengkapan makan si kecil dan pilihlah sikat dengan bulu yang tidak terlalu keras, hal ini bertujuan untuk menghindari resiko rusaknya peralatan makan si kecil.

5. Bilaslah Dengan Air Mengalir

Banyak sekali seorang ibu yang mencuci perlengkapan makan si kecil dengan metode merendam saat membilasnya perlengkapan tersebut setelah dicuci, yang mana hal ini kurang tepat dilakukan karena beresiko tinggi kotoran akan mudah kembali lagi yang mana hal ini berakibat perlengkapan makan si kecil menjadi kurang bersih walaupun telah dicuci. Namun dengan metode membilas menggunakan air mengalir akan membawa kotoran satu arah dan hal ini tentunya akan membuat perlengkapan makan menjadi lebih bersih.

6. Sterilkan Perlengkapan Makan yang Sudah Dicuci Dengan Bersih

Dimana setelah semua perlengkapan makan tersebut bersih maka segeralah sterilkan dengan cara merebus atau menguapinya, yang mana cara ini sangat berguna untuk mematikan kuman dan bakteri yang mungkin masih menempel pada perlengkapan makan yang sudah dicuci tersebut. Untuk merebusnya pun Anda tidak harus memakan waktu yang lama karena Anda bisa merebusnya selama 5 hingga 10 menit.

7. Keringkanlah Perlengkapan Makan Tersebut Sebelum Disimpan

Biasanya untuk perlengkapan makan keluarga yang telah dicuci Anda hanya tinggal membiarkannya agar kering dengan sendirinya, namun untuk peralatan bayi cara tersebut tidak efektif untuk dilakukan dimana kondisi peralatan makan bayi yang masih lembap tinggi akan resiko membuat kuman dan bakteri mudah nempel sehingga sebelum Anda menyimpan perlengkapan makan si kecil maka keringkanlah terlebih dulu.

8. Masukkanlah Perlengkapan Makan Tersebut Pada Wadah Tertutup Agar Tidak Terpapar Oleh Debu

Ingat jangan pernah menyimpan peralatan makan si kecil secara sembarangan karena hal ini akan membuat peralatan makan tersebut mudah terpapar oleh debu dan hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan bayi. Oleh karena itulah simpan peralatan makan bayi yang sudah dicuci bersih dan sudah kering ke dalam wadah tertutup agar peralatan makan tersebut tidak terpapar oleh debu dan kotoran dapur.

Nah itulah 8 langkah yang harus Anda lakukan agar perlengkapan makan si kecil terbebas dari kuman dan bakteri. Semoga beberapa penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan