Inilah 5 Cara Tepat Untuk Merawat Kerak Kepala Bayi

Inilah 5 Cara Tepat Untuk Merawat Kerak Kepala Bayi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kulit bayi baru lahir itu memiliki tingkat sensitivitas yang cukup tinggi dan salah satu bagian kulit yang memiliki tingkat sensitivitas cukup tinggi yaitu bagian kulit kepala bayi sehingga tak heran jika adanya kerak dikepala bayi usia 0-12 bulan. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk selalu memerhatikan kebersihan kulit kepala bayi agar kulit kepalanya terhindar dari kerak.

Kerak kepala bayi atau cradle cap pada kulit kepala bayi dalam dunia medis disebut dengan dermatitis seboroik yang mana dermatitis seboroik itu adalah peradangan yang terjadi pada daerah yang kaya akan kelenjar minyak dan kulit kepala adalah salah satu daerah yang memiliki kelenjar minyak sehingga kerak kepala ini mudah sekali terjadi jika kebersihan kulit kepalanya tidak dijaga dengan baik.

Sebenarnya kulit kepala bayi berkerak ini akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia si kecil, namun alangkah lebih baiknya jika Anda langsung mengatasi kerak ini dengan cara yang tepat agar bayi merasa lebih nyaman dan kepalanya terlihat bersih. Namun sayangnya tak jarang ada orangtua yang mengabaikan hal ini dengan alasan karena kondisi kepala bayi yang masih sangat lunak membuatnya jadi takut untuk membersihkan kerak kepala tersebut.

Selain itu juga ada orangtua yang tidak mengatasi masalah kerak pada si kecil ini dengan alasan karena kerak kepala yang terjadi ini akan bersih atau hilang dengan sendirinya sehingga tidak perlu untuk dibersihkan. Nah mulai dari sekarang hilangkan anggapan atau alasan tersebut karena penting untuk Anda ketahui bahwa kebersihan kulit bayi itu bisa menjadi pertanda bahwa si kecil memiliki kulit yang sehat.

Dan sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apa penyebab bayi mengalami kerak dikepala, dimana dugaan sementara muncul bahwa kerak kepala yang terjadi pada si kecil itu disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar minyak bayi. Selain itu juga beberapa ahli percaya bahwa hormon yang diterima oleh si kecil dari ibunya pada akhir kehamilan terlalu banyak sehingga hal ini merangsang kelenjar penghasil minyak dan pada akhirnya menyebabkan timbulnya cradle cap pada bayi.

Inilah 5 Cara Untuk Mengatasi atau Merawat Kerak Kepala Pada Si Kecil

Berikut dibawah ini ada 5 cara tepat untuk mengatasi atau merawat kerak kepala yang terjadi pada bayi dan tentunya penting untuk Anda ketahui :

1. Rutinlah untuk Mencuci Rambut Bayi

Dimana rutinlah untuk mencuci rambut bayi agar kebersihan kulit bayi terjaga sehingga ia terhindar dari cradle cap. Ketika mencuci rambut bayi maka gunakanlah shampo yang memang khusus untuk bayi dan tidak akan menimbulkan resiko berbahaya apapun untuk kesehatan bayi kedepannya atau ada baiknya lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter mengenai shampo apa yang cocok dan aman untuk si kecil.

2. Gunakanlah Minyak Kelapa yang Telah Dicampur Dengan Zat Antiseboroik

Dimana biasanya Anda akan mendapatkan ramuan ini dari dokter. Berikut cara tepat untuk menggunakan minyak kelapa yang sudah dicampur dengan zat antiseboroik yang harus Anda ketahui :

  • Oleskanlah minyak kelapa tersebut pada kerak kepala si kecil dan diamkanlah semalaman
  • Saat keesokan paginya Anda bisa membersihkan minyak tersebut dari kepala bayi dengan menyisir rambutnya menggunakan sisir yang bergigi rapat, lalu lepaskan kerak kepala yang sudah terlepas secara perlahan-lahan
  • Nah setelah itu keramasilah rambut bayi menggunakan shampo yang aman untuk bayi, kemudian keringkanlah dan setelah semua itu selesai oleskan bayi krim dari dokter yang biasanya berisi steroid yang berfungsi sebagai antiperadangan.

3. Oleskan Baby Oil Pada Kepala Si Kecil

Dimana Anda bisa mengoleskan baby oil pada kulit kepala bayi yang berkerak agar kerak tersebut bisa mengelupas dengan mudah sehingga kulit kepala bayi pun bebas dari kerak. Berikut dibawah ini beberapa cara menggunakan baby oil yang penting untuk Anda ketahui :

  • Oleskan baby oil pada kulit kepala bayi dan diamkan kurang lebih selama 10 hingga 15 menit
  • Setelah itu pijatlah kepala bayi dengan lembut dan bersihkan sisa baby oil itu menggunakan shampo khusus bayi, namun ingat jangan melakukan pijatan atau pembersihan dengan keras. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan kulit kepala bayi menjadi berdarah dan infeksi.

4. Gunakanlah Minyak Almond atau Minyak Zaitun

Anda bisa menggunakan minyak almond atau minyak zaitun untuk mengatasi terjadinya kerapa pada kulit kepala bayi. Berikut dibawah ini beberapa cara tepat untuk menggunakan minyak almond yang penting untuk Anda ketahui :

  • Oleskanlah minyak almond pada kulit kepala bayi dan biarkan kurang lebih selama 15 menit
  • Setelah itu sisirlah secara perlahan dengan sisir yang halus dan sikat yang lembut
  • Kemudian cucilah kulit kepala bayi menggunakan shampo yang aman untuk bayi.
  • Sebelum membasuh kulit kepala bayi coba diamkanlah shampo tersebut selama beberapa menit, hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan sisa minyak
  • Dan cara yang terakhir gunakan kembali minyak almond tersebut dikulit kepala bayi dan diamkan karena hal ini bermanfaat untuk menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan serpihannya menempel.

5. Hindari Memaksa Mengelupaskan Kerak Pada Kepala Si Kecil

Penting untuk Anda ingat jangan sampai Anda memaksa untuk mengelupaskan kerak pada kepala bayi biarkan kerak tersebut mengelupas dengan sendirinya, hal ini dikarenakan jika Anda memaksakannya terutama ketika kondisi kulit kepala bayi kering maka hal ini bisa menyebabkan resiko bayi menimbulkan infeksi. Dan langsung periksakanlah pada dokter jika mulai terlihat adanya tanda-tanda infeksi pada kulit kepala bayi.

Itulah 5 cara tepat untuk mengatasi atau merawat kerak pada kulit kepala si kecil yang penting untuk Anda ketahui, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil

Tinggalkan Balasan