Inilah 3 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Bayi Sembelit

Inilah 3 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Bayi Sembelit

Bayi sembelit atau bayi yang susah buang air besar merupakan kondisi umum yang seringkali terjadi, walaupun begitu bukan berarti jika si kecil mengalami sembelit Anda hanya membiarkannya saja karena sebenarnya sembelit yang terjadi pada bayi tidak boleh dianggap remeh atau bahkan dibiarkan berlarut-larut karena hal ini akan menyebabkan resiko yang berbahaya untuk si kecil.

Dimana jika terjadi sembelit pada bayi maka Anda harus segera mengatasinya, tentunya dengan cara yang tepat. Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara tepat untuk mengatasi terjadinya sembelit pada si kecil maka alangkah lebih baiknya lagi jika terlebih dulu Anda mengetahui apa saja tanda bayi yang sedang mengalami sembelit agar diagnosa Anda tidak salah sehingga sembelit yang terjadi pun bisa diatasi dengan cara yang tepat.

Beberapa Tanda Bayi Mengalami Sembelit

Nah sebelum Anda mencari tahu bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi maka alangkah lebih baiknya jika terlebih dulu Anda mengetahui apa saja tanda bayi yang mengalami sembelit. Berikut dibawah ini ada beberapa tanda bayi mengalami sembelit yang penting untuk Anda ketahui :

  • Bayi tidak BAB minimal 3 kali dalam satu minggu, nah jika Anda mendapati si kecil BAB hanya 1 kali saja dalam satu minggu maka Anda harus segera mewaspadainya karena itu bisa menjadi pertanda bahwa si kecil mengalami sembelit.
  • Tinja bayi keras dan sulit untuk keluar, dimana jika Anda melihat si kecil mengejan hingga wajahnya memerah akibat dari tinja yang keras dan sulit keluar maka Anda harus waspada karena itu bisa menjadi pertanda bahwa si kecil mengalami sembelit.
  • Bayi menangis saat BAB, dimana jika ia sudah merasa sangat sakit untuk mengeluarkan tinjanya maka ia akan menangis saat BAB dan kondisi ini tentunya harus Anda waspadai karena itu bisa menjadi pertanda bahwa si kecil mengalami sembelit.
  • Tinja yang keluar sangat padat dan sedikit, dimana jika Anda mendapati kondisi tinja si kecil seperti ini maka Anda harus mewaspadainya karena itu bisa menjadi pertanda bahwa si kecil mengalami sembelit.
  • Perut bayi terasa keras, dimana jika beberapa kondisi diatas dibarengi dengan perut bayi yang terasa keras maka Anda harus mewaspadainya karena itu sudah pasti bahwa bayi mengalami sembelit yang harus segera diatasi dengan tepat agar kondisi tersebut tidak jadi semakin parah.

Nah itulah beberapa tanda bayi yang mengalami sembelit dan penting untuk Anda ketahui, namun disamping itu juga penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab bayi mengalami sembelit. Dimana dengan Anda mengetahui apa penyebabnya maka Anda akan jauh lebih mudah lagi dalam mengatasi sembelit yang terjadi pada bayi.

Inilah Penyebab Bayi Mengalami Sembelit

Berikut dibawah ini ada beberapa penyebab bayi mengalami sembelit yang penting untuk Anda ketahui agar Anda jauh lebih mudah saat mengatasinya :

  • Bayi yang Baru Pertama Kali Dikenalkan Pada Makanan Padat. Sembelit itu adalah kondisi umum terjadi pada bayi yang mengalami transisi dari yang awalnya hanya mengkonsumsi cairan seperti ASI lalu berpindah ke makanan padat. Dimana sistem pencernaan bayi yang belum terbiasa dengan adanya makanan padat dilambung ini yang menyebabkan saluran pencernaannya tidak berjalan dengan baik.
  • Bayi Mengalami Dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kotoran menjadi kering atau keras sehingga susah untuk dikeluarkan dan hal inilah yang menyebabkan bayi mengalami sembelit. Oleh karena itulah cegah terjadinya dehidrasi pada bayi dengan cara penuhi selalu kebutuhan cairan dalam tubuhnya.
  • Akibat Dari Susu Formula. Dimana susu formula itu memiliki komposisi nutrisi yang berbeda dengan ASI sehingga susu formula tersebut sulit untuk dicerna, yang mana kemudian hal ini menyebabkan tinja bayi menjadi lebih keras sehingga hal ini membuat bayi jadi segan untuk BAB dan pada akhirnya bayi mengalami sembelit.
  • Adanya Kondisi Medis Tertentu. Dimana jika sejak lahir ia sudah mengalami kelainan organ saluran pencernaan, bayi mengalami alergi susu sapi, penyakit celiac, kadar kalsium dalam darah terlalu tinggi atau ia mengalami hiperkalsemia, bayi mengalami hipotiroid, bayi mengalami penyakit hirschprung, juga kelainan pada sumsum tulang belakang.

Lalu Bagaimana Cara Tepat Untuk Melakukan Pertolongan Pertama Pada Bayi yang Mengalami Sembelit ?

Berikut dibawah ini ada 3 pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi terjadinya sembelit pada si kecil :

  • Tekuk kedua bagian paha bayi mengarah ke perut sehingga ini akan memberikan tekanan pada bagian perut yang mana hal ini akan merangsang kotoran bayi untuk terdorong keluar.
  • Lakukanlah pijatan lembut pada bagian perut bayi searah jarum jam dalam waktu beberapa menit dengan menggunakan baby oil atau minyak telon bayi.
  • Hindari memberikan sembarang obat pada bayi, dimana penting untuk Anda ketahui bahwa bayi dibawah usia 2 tahun itu tidak direkomendasikan dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena bisa menyebabkan resiko yang berbahaya untuk kesehatan organ tubuh bayi bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itulah konsultasikan terlebih dulu pada dokter jika Anda ingin memberikannya obat.

Itulah 3 pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi terjadinya sembelit pada si kecil. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan