Benarkah Bayi yang Tidur Nyenyak Akan Jauh Lebih Cerdas ?

Benarkah Bayi yang Tidur Nyenyak Akan Jauh Lebih Cerdas ?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tidur itu sangatlah penting untuk bayi, dimana bayi itu membutuhkan waktu sekitar 14-16,5 jam setiap harinya. Hal ini dikarenakan tidur bagi bayi sangat bermanfaat sekali untuk tumbuh kembangnya, yang mana ketika bayi tertidur 75% hormon pertumbuhannya sedang dibentuk dan perkembangan otaknya sedang berlangsung. Namun penting untuk Anda ketahui semua hal itu akan terjadi dengan catatan bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Nah tidur berkualitas itu sendiri bukanlah dilihat dari seberapa lama bayi tertidur melainkan bayi akan mendapatkan tidur yang berkualitas jika bayi bisa tidur dengan nyenyak, oleh karena itulah penting untuk Anda ketahui bagaimana cara tepat agar bayi tidur nyenyak. Dan seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa kenyenyakan atau kualitas tidur bayi itu tidak dilihat dari seberapa lama ia tertidur.

Salah satu contohnya bayi A tidur selama 2 jam dengan kondisi kamar yang nyaman, tenang, juga sejuk sedangkan bayi B tidur selama 4 jam dalam kondisi kamar yang tidak nyaman, berisik, juga suhunya panas. Ketika terbangun bayi A jauh lebih fresh, tidak rewel, dan mau bermain dengan aktif sedangkan bayi B ketika terbangun ia malah menjadi rewel tidak bergairah untuk melakukan apapun.

Mengapa ini bisa terjadi ? Nah hal ini dikarenakan walaupun bayi B tidur dalam waktu yang lama namun ia tidak bisa tidur dengan nyenyak karena kamarnya tidak nyaman, kamarnya berisik, juga suhu dalam kamarnya panas. Dan hal ini tentunya akan menyebabkan bayi tidak mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga tumbuh kembangnya pun jadi terganggu.

Oleh karena itulah Anda harus mengetahui bagaimana cara agar bayi tidur nyenyak sehingga ia bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan tumbuh kembangnya bisa berlangsung dengan baik. Selain itu juga penting untuk Anda ketahui sebuah penelitian menjelaskan bahwa bayi yang tidur dengan nyenyak atau bayi yang mendapatkan tidur berkualitas maka proses perkembangan otaknya akan berlangsung secara optimal sehingga tentunya ia akan jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan bayi yang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Hal ini dikarenakan aktivitas tidur merupakan salah satu stimulus untuk proses tumbuh kembang otaknya sehingga tidak mengherankan jika aktivitas tidur ini sangat berpengaruh sekali terhadap kecerdasan otak bayi. Nah oleh karena itulah jika Anda ingin si kecil memiliki kercedasan otak yang bagus maka ketahuilah bagaimana tips agar bayi tidur nyenyak.

Dampak Negatif Jika Bayi Tidak Bisa Tidur Dengan Nyenyak

Berikut dibawah ini ada beberapa dampak negatif jika bayi tidak bisa tidur dengan nyenyak yang sangat penting untuk Anda ketahui :

  1. Pertumbuhan Fisiknya Akan Terganggu. Hal ini dikarenakan ketika bayi tidur nyenyak akan banyak sekali hormon pertumbuhan yang dikeluarkan secara optimal sehingga jika bayi kurang tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak maka hal ini akan mengganggu pertumbuhan fisiknya.
  2. Perkembangan Kognitif dan Emosionalnya Terganggu. Hal ini dikarenakan ketika ia tidur mimpi itu sangatlah berperan penting, dimana ketika bayi bermimpi maka kemampuan otaknya akan berkembang sehingga jika ia sering terbangun maka perkembangan otaknya akan terganggu dan potensi yang seharusnya berkembang akan menjadi hilang.
  3. Mengganggu Perkembangan Saraf dan Otot Ototnya. Dimana kondisi kurang tidur atau ketika ia tidak bisa tidur dengan nyenyak akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan saraf juga otot-ototnya sehingga perkembangan motoriknya tidak bisa berlangsung dengan baik.
  4. Mengganggu Mental Juga Emosionalnya. Dimana ketika ia tidak bisa tidur dengan nyenyak karena gangguan beberapa hal maka hal ini akan menyebabkan ia menjadi lebih mudah rewel dan ketika terbangun pun tubuhnya terlihat lebih lesu.

Lalu Bagaimana Cara Tepat Agar Bayi Bisa Tidur Dengan Nyenyak

Berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bayi bisa tidur dengan nyenyak :

  1. Mandikanlah bayi sebelum tertidur menggunakan air hangat
  2. Pakaikanlah ia baju tidur yang nyaman, dimana tidak terlalu tebal dan ketat
  3. Pijat tubuh bayi dengan lembut sebelum ia tertidur
  4. Pastikan perutnya dalam keadaan kenyang saat akan tertidur
  5. Redupkanlah lampu kamarnya
  6. Pastikan suhu kamarnya sejuk
  7. Simpanlah aroma therapi dalam kamarnya

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dirumah agar bayi bisa tidur dengan nyenyak sehingga perkembangan otaknya bisa berlangsung dengan baik dan ia pun bisa tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas. Semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan