Beberapa Ciri Ciri Bayi Siap MPASI yang Penting Anda Ketahui

Beberapa Ciri Ciri Bayi Siap MPASI yang Penting Anda Ketahui

Memiliki buah hati adalah kebahagiaan yang tak ternilai harganya bagi setiap orangtua, termasuk juga Anda. Dimana sebagai orangtua tentunya Anda akan selalu menantikan setiap tumbuh kembang si kecil, salah satunya ketika bayi sudah siap untuk dikenalkan pada MPASI atau makanan pendamping ASI. Nah hal ini juga sering menjadi pertanyaan bagi setiap orangtua mengenai apa saja ciri-ciri bayi siap MPASI ?

Penting untuk Anda ketahui bahwa bayi usia 0 hingga 6 bulan pertama itu kebutuhan nutrisinya sudah bisa dipenuhi dengan baik oleh ASI, sehingga ketika usianya sudah menginjak 6 bulan maka Anda sudah mulai bisa untuk memperkenalkan MPASI pertama kali pada si kecil yang mana MPASI ini berperan sebagai penunjang pertumbuhan juga perkembangan tubuh bayi.

Nah walaupun pemberian MPASI ini pada umumnya dianjurkan ketika bayi berusia 6 bulan, Anda juga harus tahu bahwa pada usia 6 bulan itu tidak semua bayi sudah siap untuk menerima MPASI atau makanan pendamping ASI. Oleh karena itulah Anda harus mengetahui apa saja ciri-ciri jika bayi sudah siap diberi MPASI agar pemberian MPASI ini akan mendatangkan manfaat yang baik bukannya resiko yang berbahaya untuk kesehatan bayi.

MPASI pertama yang Anda berikan pada si kecil pun tidak boleh sembarangan, dimana untuk pemula atau awalan memperkenalkan MPASI pada bayi maka Anda harus memberikannya makanan yang lembut dan hindari langsung memberikannya nasi karena hal ini akan menyebabkan sistem pencernaan bayi menjadi kaget dan sistem pencernaan bayi yang belum bisa bekerja dengan sempurna tersebut bisa menjadi terganggu.

Beberapa Ciri Bayi Siap Mendapatkan MPASI yang Penting untuk Anda Ketahui

Berikut dibawah ada beberapa ciri bayi siap mendapatkan MPASI yang penting untuk Anda ketahui agar pemberian MPASI ini berdampak baik untuk kesehatan bayi bukannya menimbulkan resiko :

1. Bayi Terlihat Memiliki Ketertarikan Terhadap Makanan yang Dimakan Oleh Orang Lain

Pada umumnya untuk mengetahui apakah bayi sudah siap atau tidak untuk diberikan MPASI, maka Anda bisa melihatnya dari rasa ketertarikan si kecil pada makanan karena biasanya bayi yang sudah siap menerima MPASI akan menunjukkan rasa ketertarikan terhadap suatu makanan baik yang ada disekitarnya ataupun ketika melihat makanan yang sedang dipegang oleh orang lain. Dimana bayi akan semakin lebih sering melihat juga memandangi setiap suapan makanan yang sedang orang sekitarnya makan.

Tak hanya itu, ketika si kecil sudah siap diberikan MPASI maka ia akan selalu berusaha untuk mengambil makanan apapun yang mama makan atau makanan yang ada disekitarnya, bahkan si kecil sampai merengek seolah tertarik untuk ingin mencicipi makanan yang sedang Anda makan.

2. Bayi Memiliki Koordinasi Anggota Tubuh yang Baik

Dimana ketika ia sudah siap untuk diberikan MPASI biasanya ia pelan-pelan belajar untuk meraih makanan lalu memasukkannya ke dalam mulut. Tak hanya itu terkadang ia pun selalu memasukkan benda apapun yang ada ditangannya ke dalam mulutnya. Dan hal ini menandakan bahwa ia sudah belajar berkoordinasi dengan baik antara mata, mulut, juga tangannya. Hal ini pun harus selalu Anda latih agar ia terbiasa dan mampu mengatur anggota tubuhnya sendiri dengan baik dan benar.

3. Bayi Selalu Memperhatikan Gerakan Mengunyah

Nah seiring dengan perkembangan dan pertumbuhannya, maka si kecil akan lebih sering untuk memperhatikan hal-hal kecil atau gerak-gerakan baru yang mana belum pernah dilakukan sebelumnya. Salah satunya yaitu ia akan lebih sering untuk memperhatikan gerakan Anda mengunyah ke atas dan kebawah. Lalu ia pun mulai mengikuti pergerakan Anda mengunyah ke bawah dan ke atas.

Hal inilah yang menjadi salah satu ciri bahwa ia sudah siap untuk diberikan MPASI, selain itu juga si kecil sudah mulai bisa untuk mengendalikan lidahnya sendiri dan hal ini tentunya menunjukkan bahwa pelan-pelan ia sudah bisa belajar menelan suatu makanan dengan baik.

4. Bayi Sudah Bisa Duduk Di High Chair

Salah satu ciri lain bayi yang sudah siap menerima MPASI pertamanya biasanya ia sudah bisa duduk sendiri di high chair atau kursi khusus bayi makan. Nah kemampuannya untuk duduk sendiri pada high chair ini bisa Anda latih dengan kebiasaan Anda memangku si kecil karena dengan begitu maka pelan-pelan si kecil akan terbiasa untuk duduk walaupun dengan kondisi kursi yang tinggi.

5. Bayi Sudah Bisa Menegakkan Kepalanya Sendiri

Nah selain bayi sudah bisa duduk sendiri di high chair, bayi yang sudah siap diberikan MPASI juga biasanya sudah bisa menegakkan kepalanya sendiri dengan leher yang lurus karena kondisi kepala yang tegak dengan leher yang lurus itu akan mempermudah dirinya saat menelan makanan yang Anda berikan kepadanya. Nah jika si kecil belum bisa menegakkan kepalanya maka ada baiknya tunda dulu pemberian MPASI padanya.

6. Bayi Membuka Mulutnya Lebar Lebar Saat Sendok Didekatkan Pada Mulutnya

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap diberi MPASI atau belum maka Anda bisa mengetesnya dengan cara mendekatkan sendok pada mulut si kecil, jika ia langsung membukan mulutnya dengan sangat lebar maka itu tandanya ia sudah siap untuk menerima MPASI.

Nah itulah 6 Ciri Bayi yang Siap Mendapatkan MPASI dan tentunya penting untuk Anda ketahui, semoga beberapa penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda terutama bagi si kecil.

Tinggalkan Balasan